Tuesday 6 November 2018

0

JABATAN DAN TUGAS CREW

JABATAN DAN TUGAS CREW DALAM DUNIA DRRILING




DRILING - Dalam dunia pengeboran kita pasti tahu nama nama jabatan dan tugas nya , Untuk membantu menyukseskan jalan nya pengeboran yang sedang kita jalani.

Jabatan jabatan ini banyak yang bilang tidak ada yang berguna tapi di mata kami para pengebor minyak jabatan sekecil apapun sangat lah penting . Jadi jangan pernah sepelehkan jabatan sekecil apapun dlam dunia pengeboran (DRILLING) :


  • 1 . ROUSTABOTH


Jabatan yang sangat di bilang sangat kecil ini sebenar nya sangat lah penting ,Jabatan ini untuk crew pemula yang belum memiliki pengalaman di dalam pengeboran minyak atau pengetahuan tentang rig. Umum nya mereka belum memahami jenis dan alat alat beserta fungsi nya 

Tugas roustaboth membantu para senior dan menunjang berbagai pekerjaan yang tidak terlalu sulit atau bahaya nya kecil  dan banyak sekali tugas rostabouth lain nya . Dalam suatu rig jumlah roustabouth 2-3 dalam setiap crew ,Umum nya dalam rig terdiri 3 crew jadi total n ya semua 9 dalam suatu rig.

  • 2 . FLOORMAN


Ini jabatan yang setingkat di atas roustabouth dan beda nya dari roustabouth jabatan ini lebih menguasai medan atau sudah pengalaman dlam bidang driling (pengeboran).Umum nya mereka sudah mempunya sertifikasi migas cepu, dan mendapatkan sertifikat sebagai Operator lantai 

DUNIA DRRILING


Tugas mereka adalah membantu Driller di rig floor guna untuk membantu atau menopang kinerja Driller . Karena mereka sudah paham pembagian tugas dan bahaya nya dalam mengerjakan tugas nya ,Jumlah  Floorman dalam satu pengeboran atau 3 crew ada 3 saja . 

  • 3 . DERRICKMAN


Tugas ini sangat beresiko tinggi karena mereka berada di atas atau sering di sebud dengan dog house , seorang derrickman mempunyai tugas utama membantu driller menyusun nyusun pipa bada floor.Memonitor sistem sirkulasi dari mixing area ,tangki lumpur, pompa lumpur, dan shacher ,semua yang bersangkutan pada tangki itu sepenuh nya tuga dari derckman.

  • 4 . ASSISTEN DRILLER


Jawabatan ini hanya pada rig besar saja sedangkan di rig servis tidak ada jaban assisten driller karena pekerjaan di dalam rig servis tidak lah begitu pada seperti di rig besar.

Untuk bagian ini sudah sangat pengalaman di bidang nya mereka minimal sudah menguasai bebagai jenis pekerjaan dan trouble yang terjadi pada sumur dan pengalaman mereka minimal 4 tahun untuk mencapai jabatan tersebut . Mereka berada di bawah perintah Toolpusher untuk mengontrol pembagian tugas tugas dari jabatan yang tadi kita bahas . Dan mereka selalu meraporkan jobdes dengan toolpusher untuk menjalankan pekerjaaan nya . 

Tugas utamanya adalah membantu jalannya operasi selama pengeboran berlangsung. Memonitor sistem sirkulasi bersama-sama dengan derrickman. Mengawasi pekerjaan yang dilakukan roustabot. Mengkoordinir personil sesuai perintah Toolpusher ataupun Rig supt.


Sampai disini dulu yah kawan pembahasan kita tentang jabatan dan tugas crew pengeboran ..kalau ada yang mau bertanya silakan yah kawan kita berbagi pengalaman seputar pengeboran .

TERIMAKASIH 
SEHAT SELALU DAN 

UTAMAKAN KESELAMATAN YAH KAWAN 





















0 comments:

Post a Comment