Monday 5 November 2018

0

BERBAGAI MACEM RIG

BERBAGAI MACEM RIG YANG DI GUNAKAN DALAM PENGEBORAN 


DRILING - Hallo kawan hari ini kita akan membahas tentang berbagai jenis RIG yang ada dalam pengeboran :

Pada umum nya dalam pengeboran kita tahu ada berbagai jenis rig yang di bagi sesuai medan dan daerah yang kita mau lakikan pengeboran yah kawan .

1 . Rig darat : apaitu yang dimaksud dengan rig darat ,Rig darata adalah rig yang di pergunakan untuk pengeboran darat yang sering kita lihat dan umum nya sangat sederhana dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu menara dan struktur penopang ( land rig ).





2 . Rig rawa : apa beda nya rig rawa dan rig darat ,Sebenar nya tidak ada yang berbeda perlengkapan semua nya sama dengan dengan rig darat hanya menara dan sistem pengerjaan nya saja yang berbeda .Kalau rig rawa bertopang di atas ponton dan ponton akan menopang rig rawa di atas rawa saat sedang melakukan pungsi nya .Rig rawa juga bisa beroperasi di perairan dangkal dengangan kedalaman 5meter sampai 10 meter  ( Swamp rig ).



3 . Jack Up Rig : Rig yang satu ini berbeda dengan rig darat dan rig rawa , rig ini beroperasi khusus di laut yang kedalaman nya 100M  atau kurang di dalam laut . Rig ini di topang dengan kaki kaki yang dapat turun dan naik untuk menopang struktur utama .



4 . Tender Rig : Rig ini hanpir sama dengan rig rawa yang tadi kita bahas kawan , hanya saja rig ini berada di laut dan sistem kerja nya pengeboran di pasang pada platform.Rig ini berguna untuk membantu operasi pengeboran (pengangkatan pipa, strultur dll)



5 . Semi Submersible Rig : Rig ini khusus di gunakan untuk pengeboran laut yang sangat dalam pungsi nya hampir sama dan rig ini semisub artinya obyek mengapung yang di pasang alat pengeboran .



6 . Drill Ship : Untuk rig yang satu ini sangat berbeda dengan rig yang lain nya , Rig ini bisa berjalan di laut dan bisa berpindah pindah hehehe , kenapa begitu karena rig ini berada di atas kapal yang berguna untuk pengeboran laut dalam atau di tengah samudra .


Untuk saat ini kita bahas berbagai macam jenis rig yang belum kita kenal kalau kawan ada yang di tanyakan dan mau kasih usul atau berbagai jenis nama rig dan komponen nya . Kawan komen saja di bawah yah ....

0 comments:

Post a Comment